Senin, 15 Maret 2010

Shalawat nabi

56. Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya(QS al-ahzab 56)




Ada dua kategori pada ayat yang terdapat dalam surat al-ahzab ayat 56. Pertama. Pernyataan Allah, kedua perintah Allah kpd orang yg beriman,ada yang mesti kita fahami pada bagian pertama dalam ayt tersebut yakni, kata bershalawat, dalam literarur bahasa arab kalimat Yusalluna yang berasal dari shalla,yushalli, tashliyatan, adapun kalimat yushalluna sendiri bermakna jama, dengan fa’il atau sabjek Hum (mereka) mempunyai makna “Berdoa, namun dalam mengunakan kalimat tersebut yang dirangkai dua sabjek dengan menggunakan huruf ataf secara bersama sama, jelas mempunyai pekerjaan yang berbeda dalam penafsirannya. Karena tidak mungkin kata berdo’a dipakai oleh Allah, karena pengertian doa itu adalah permohonan dari pihak yang lebih rendah kpd yang lebih tinggi.

Sebagian ulama berpendapat shalawat dari Allah adalah pujian & sanjungan hal ini bersumber dari Bukhari, adapun sebagian yang lain adalah pemberian ampun dan rachmatnya dengan referensi Hasan Basri dan Said bin Jabir.

Sedangkan Shalawat dari malaikat adalah permintaan ampun untuk Rasul dan Umatnya.

Bacaan Shalawat.yang di ajarkan nabi kpd sahabat

1.dari ka’ab bin ‘ujrah takkala seorang bertanya tentang shalawat kpd nabi, “Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama shallaita ‘ala Ibrahim innaka hamidum majid, Allahumma barik ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama barakta ‘ala Ibrahim innaka hamidum majid (HR Bukhari Muslim)

2.Dari Malik dan Achmad & Abu Hamid as-Sya;idi r.a. ya rasulallah bagaimana kami bershalawat kepada engkau,. Nabi menjawab “Allahumma shali ‘ala Muhammad wa azwajihi wa dzurriyatihi, kama shallaita ‘ala ali Ibrahim wa barik ‘ala Muhammad wa azwajihi wa dzurriyatih kama barakta ‘ala Ibrahim innaka hamidum majid (HR Bukhari Muslim)

3. Dari Jama’ah dari abu sy’ad al-Khudri r.a, bertanya, salam atasmu kami tlah mengetahuinya lalu bagaimana kami bershalawat, nabi menjawab, ucapkan “Allahumma shalli ‘ala Muhammad ‘abduka wa rasuluka kama shallaita ‘ala Ibrahim wa barik ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama barakta ‘ala Ibrahim, fil ;alamina innaka hamidum majid (HR Jama’ah)

4.Dari Abu Mas’au al-Badri , bertanya tentang hal yang sama, nabi menjawab setelah diam beberapa saat, ucapkan : Alalhumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama shallita ‘ala ali Ibrahim wa barik ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammag kama barakta ‘ala ali Ibrahim fil ‘alamina innaka hamidum majid, lalu kamu beri salam

Sebagian ulama mengatakan adapun yang terpendek ialah “Allahumma shalli ‘ala Muhammadin nabiyyil ummiyi wa ‘alaaliMuhammad.

Pendapat Ulama tentang Shalawat.

Imam Syafi’e dan Achmad ;wajib dalam Shalat setelah Tasyahud akhir, maka tdk sah shalat bila tidak membacanya.

Imam Malik & Abu Hanifah : Sunnah Muakkad di dalam shalat maka sah shalat tanpa membacanya namun kurang sempurna.

Bila di luar shalat kapan membaca shalawat ?

Berkata sebagian ulama “wajib tatkala di sebut namanya.

Berkata yang lain “cukup satu kali dalam majlis meski disebut secara berulang ulang namanya.

Berkata yang lain lagi “ wajib memperbanyak paling tidak satu kali seumur hidup diluar shalat.

Anjuran Rasulullah.

1. Dari Achmad dan Abu Syaibah dan Nasai‘ (manusia yg paling utama padaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak bershalawat padaku)

2. Dari Tirmidzi (orang yang paling pelit ialah orang yang apabila namaku di sebut dia tdk bershalawat padaku)

Dari sedikit uraian di atas semoga menjadi terang bagi setiap Muslim untuk mewujudkan rasa cintanya kpd Rasulullah selain ittiba’ dan menjadikannya sebagai Qudwah juga tdk lupa membaca shalawat sebagaimana yg di ajarkan rasul mulia, tanpa menambah, mengurangi apalagi merubah,. Wallau a’lam

Ket” referensi uraian ini menggunakan Tafsir ibnu Katsir dan Tafsir ayatul ahkam pada bab 2 hal 256.
Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

0 komentar:

Posting Komentar

:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t

Tinggalkan kesan anda di sini