Senin, 27 April 2015

Membuat RAPBO (Rencana anggaran pendapatan & belanja organisasi)

Hal yang diabaikan namun penting dalam organisasi.

Sewaktu aktif di remaja Masjid berkesempatan mengikuti Study banding ke  masjid Sunda kelapa, di mana pada saat itu terkenal paling aktif dan maju remaja masjidnya, hal menarik yang bisa diambil pelajaran ialah di terapkannya  semacam RAPBN  untuk organisasi masjid.

Rancangan anggaran pendapatan dan belanja sebuah organisasi sangat penting, untuk membuat semacam “Master Plan atau asumsi dasar yang menjadi  acuan pelaksanaan program organisasi setahun atau satu periode kepengurusan.

Membuat rancangan pendapatan, yang untuk kita bisa di simulasikan  sumbernya dari dana kas, pos divisi sosial, divisi ekonomi , dana hibah dari simpatisan sangat penting untuk merancang sebuah program satu tahun atau satu periode ke depan di mana dana operasionalnya , atau belanjanya tentunya disesuaikan dengan rencana anggaran pendapatan.

Sebuah program boleh jadi tidak selesai satu tahun atau satu periode, namun dengan adanya perencanaan yang matang baik dari segi sdmnya maupun dana operasionalnya, dan dibuatkan tahapan tahapannya menjadi ada jangka pendek, menengah dan panjang , maka visi dan misi sebuah organisasi tidak akan terlihat stagnan.


Saya pernah mengatakan , organisasi bagi kita sebenarnya akan menjadi semacam universitas terbuka untuk kita belajar banyak hal, karena semua dilakukan secara kolektif dan bertanggung jawab.
Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

0 komentar:

Posting Komentar

:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t

Tinggalkan kesan anda di sini