Senin, 15 Maret 2010

Format kepengurusan

Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan ditanya tentang kepemimpinannya . al-hadits)z,,,,,,, ,,,,,, ,


Untuk menjalankan sebuah organisasi tentunya diperlukan adanya pembagian tugas . Nah ! agar sebuah organisasi ini berjalan efektif maka diperlukan orang-orang yang sesuai dengan posisi yang akan didudukinya, mulai dari latar belakang pengalaman, pendidikan atau orang yang tidak mempunyai keduanya (pendidikan dan pengalaman) tapi punya gereget yang tinggi dan mau belajar serius bertanggung jawab pada tugas yang di embannya , serta menjadikan organisasi sebagai universitas terbuka bagi dirinya dalam mengexpresikan kemampuan dan tanggung jawabnya.

Rasulullah melarang kita meminta jabatan, hikmahnya karena semakin besar/tinggi jabatan itu maka semakin berat pula tanggung jawabnya di hadapan Allah juga masyarakat, terlebih lagi kalau semua person tak mau memikul resiko secara bersama-sama.

(Jabatan itu adalah sebuah beban didunia dan penyesalan di hari kiamat al-hadits)

Namun persoalannya bagaimana kalau kita tidak MEMINTA tapi DIMINTA untuk menjadi pengurus terlebih ketua, maka Jika kita mampu BISMILLAH ini kesempatan untuk kita beramal shaleh, bukankah salah satu keistimewaan ketua mempunyai hak proegratif , maka disini kita bisa mengarahkan program organisasi kepada hal-hal yang diridhoi oleh Allah. Dan menjadikan bawahan sebagai mitra kerja bukan pesuruh, karena tanpa mereka ketua bukan apa-apa.

Dan biasanya tradisi saling dorong menjadi ketua terjadi pada organisasi non komersial atau sosial , seperti majelis taklim, remaja masjid dll (mudah-mudahan bukan karena tidak ada gajinya dan besar tanggung jawabnya) tapi dikarenakan , dalam rangka memberi kesempatan pada yang lebih tua untuk meluaskan pengaruh organisasi dan mendapat kepercayaan masyarakat. Adapun pergantian kepengurusan biasanya diatur dalam ad & art organisasi yang sudah disepakati pengaturannya dalam rapat anggota pengurus yang jumlahnya sudah dapat disebut forum atau dihadiri sekurang-kurangnya 60 persen anggota dan pengurus.

Lalu bagaimana struktur kepengurusan dalam sebuah organisasi, dan apa saja Tanggung jawabnya, ini tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan sumber daya manusia yang ada pada organisasi tersebut.

Bila organisasi itu kecil maka yang dibutuhkan ketua, Sekretaris dan bendahara plus beberapa orang humas. Karena kebutuhan kepengurusan yang lebih luas dalam organisasi akan berjalan secara alamiah sesuai dengan perkembangan organisasi itu sendiri.

Bila organisasi menengah maka mungkin dibutuhkan tambahan bagian keuangan Sebagai pembantu bendahara, dan beberapa ketua serta sekretaris bila organisasi tersebut mempunya beberapa bidang kegiatan atau divisi serta penasihat serta pengurus harian.

Dan apabila besar seperti partai, maka ada tambahan dewan syuro , badan pendiri konsultan dll

Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

0 komentar:

Posting Komentar

:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t

Tinggalkan kesan anda di sini