Sabtu, 15 Februari 2014

penjelasan tentang logo

Mungkin ada yang bertanya tentang logo Ikrisma, apa maknanya?

Logo Ikrisma pada awalnya ada gambar al-Qur,an terbuka di atas nama, namun pada perkembangannya logo tersebut  dihilangkan  seperti yang kita pakai sekarang.

Saya sebagai sekretaris mengajukan logo tersebut pada waktu pertemuan yang ke tiga, tentunya setelah terbentuknya pengurus organisasi dengan nama “IKRISMA yang di sarankan oleh Sdr. H. Azis.
Logo, simbol  atau lambang merupakan cerminan atau jati diri, dalam hal ini jati diri organisasi.

Berikut ini saya sampaikan makna dari logo organisasi kita.

Globe atau bola dunia merupakan visi , artinya ke depannya kita berharap Ikrisma menjadi organisasi besar yang mendunia , mungkin ini terlalu muluk tapi optimis itu harus , seperti kata soekarno “gantungkan cita citamu setinggi langit. ‘Artinya : bila langit tak tercapai setidaknya kita dapat menggapai awan , mesti kita juga harus realistis. Tapi dengan cita-cita tinggi yang menjadi visi, akan membuat setiap person berusaha mengumpulkan sebanyak mungkin energi.

Dunia juga merupakan simbol, bahwa ikrisma adalah organisasi terbuka, Inklusif tidak eksklusif atau tertutup , Ikrisma terbuka untuk siapa saja, tidak didasarkan pada strata sosial apapun, bahkan lintas etnis.

Kemudian ada ungkapan yang mengikuti lingkar logo  “ berpegang teguhlah kepada tali Allah, dan sesungguhnya orang mukmin bersaudara, merupakan jalan untuk mencapai visi , yakni  dengan menjalin kerja sama bergandengan tangan dan saling melengkapi serta saling mengerti dalam segala hal sehingga terbentuk komunitas perantau yang sejahtera  di dalam segala profesinya, tentunya di dasari dengan keyakinan kita sebagai seorang muslim.

Adapun warna hijau, merupakan simbol dari azas organisasi , yakni Islam.

Di bawah logo , merupakan kepanjangan dari Ikrisma, artinya Ikrisma dalam menerapkan manajemennya terbuka (open manajemen), terutama yang berkaitan dengan pengelolaan dana, baik dari masyarakat maupun kas anggota.

Kini ikrisma telah mengabgret statusnya dari ormas reguler ke yayasan tentunya sebagai konsekwensinya , ada struktur yang harus dilengkapi, dan jabatan tertinggi bukan lagi ketua sebagaimana ikrisma dahulu, melainkan jabatan tertinggi ada pada dewan pendiri.

Sekedar diketahui di antara tahun 2009 s/d 2012 yayasan diwacanakan oleh kehakiman akan dipisah dengan lembaga pendidikan, karena secara umum lembaga pendidikan lebih berorientasi profit, adapun yayasan lebih fokus kepada aksi sosialnya,  Sehingga antara tahun tersebut yayasan yang baru dibentuk hanya sampai pada dewan pembina, namun pada tahun 2013 kembali kepada format awal  yakni yang tertinggi ada pada dewan pendiri.

Mengenai pemilihan ketua sebagai  pengurus yayasan ada dua cara.

Pertama : bila disepakati bahwa “ Kewenangan mutlak apa pada pihak pendiri maka pengangkatan ketua hanya tinggal menunjuk/penunjukan oleh musyawarah badan pendiri.

Kedua : badan pendiri merekomendasikan beberapa kandidat untuk dipilih oleh mayoritas anggota, baik melalui panitia pemilihan maupun langsung oleh forum yang ada.

Dan sebagai sekretaris saya menggiring kepada cara kedua, karena Ikrisma hampir dalam segala aktivitasnya di kerjakan secara kolektif, yakni adanya tim yang bergerak atas hasil musyawarah.

Dengan demikian maka hasil pemilihan kemarin yang dihadiri oleh mayoritas anggota dan pengurus serta di tutup oleh laporan bertanggung jawaban (secara lisan) oleh ketua yang lama, sudah sah .

Sekarang kita akan melaksanakan baksos yang general persiapannya sudah 80 %, dan bakso ini adalah instruksi dari ketua badan pendiri, yang segera ditindak lanjuti oleh divisi sosial,ini artinya system telah mulai berjalan dengan baik dan prosedural, tinggal tekhis  selanjutnya lebih disempurnakan agar lebih profesional.
Ada PR  besar lagi  bagi Ikrisma yang perlu penanganan extra, yakni pembangunan Masjid yang dalam perjalanannya menelan biaya tak terduga dari target awalnya.

Yang terakhir, tolong jangan habiskan energi kita hanya untuk masalah internal. Kita fokuskan kepada ,”apa yang harus kita lakukan agar layak disebut sebagai sebuah organisasi yang berpengalaman.

Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

0 komentar:

Posting Komentar

:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t

Tinggalkan kesan anda di sini