Rabu, 11 Desember 2013

Program & organisasi


Program kerja & organisasi bagai dua sisi mata uang ,tidak dapat dipisahkan, bila hilang salah satunya , maka hilanglah yang lainnya.

bukan organisasi namanya kalau tidak ada karya nyata yang di hasilkan  , justru organisasi di bentuk karena sesuatu proyek besar yang di kenal dengan visi, dan dari tahapan-tahapan visi yang disebut misi itulah sebuah organisasi mendapat legitimasi atau pengakuan dari masyarakat akan existensinya.

Program kerja disusun baik karena adanya desakan masyarakat karena kebutuhan primer yang biasanya bersifat insidental maupun kebutuhan organisasi , namun yang jelas kegiatan organisasi terutama organisasi sosial seperti kita merupakan wujud layanan bagi masyarakat , baik dalam bentuk full free, maupun semi profit.

Lalu bagaimana sebuah program dapat berjalan sebagaimana yang kita harapkan ?

Wacana : wacana cukup  penting untuk memancing reaksi publik terhadap program yang akan di laksanakan,

Kedua : adanya planing/perencanaan , rancangan kerangka rencana kerja karena di situlah seting awal sebuah program , berapa person yang akan dilibatkan, anggaran belanja untuk pembiayaan , waktu dan tempat pelaksanaan, agar tercipta kerja sama yang baik dan kondusif, semua sdm harus ditempatkan sesuai skillnya.

ketiga : tentu pelaksanaan, dalam masa kerja itulah semua yang terjadi wajib ada dokumentasinya sebagai bahan evaluasi.

Terakhir : adanya evaluasi, yang terakhir itulah sering kita abaikan, padahal evaluasi bagian yang tak terpisahkan dari sebuah kegiatan, demi mengetahui tingkat keberhasilan , dan penyebab sesuatu kegagalan agar pada saat kegiatan selanjutnya menjadi modal untuk dicari solusinya.

Saya teringat ketika aktif mengajar sebagai wali kelas di TQA (ta’limul Qur,an lil awlad), ada kebijakan dari pengurus yayasan agar setiap Minggu diadakan rapat evaluasi , evaluasi mingguan, yakni  evaluasi hasil mengajar selama seminggu, dalam evaluasi tersebut , yang menjadi bahan bahasan ialah, sejauh mana tingkat keberhasilan mengajar selama seminggu, apa kendala-kendalanya, siapa saja santri yang bermasalah baik dalam pelajaran, kehadiran & ketertiban.

Semoga nanti Ikrisma mempunyai program  baru di samping program yang telah ada, apalagi kita telah mewacanakan adanya kegiatan, dengan format bantuan sosial.
Ket: semua tulisan saya tentang berbagai hal yang berkaitan dengan keorganisasian dan informasi tentang ikrisma dapat di akses di Web kita . bukan copy paste.



Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

0 komentar:

Posting Komentar

:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t

Tinggalkan kesan anda di sini