Selasa, 10 Desember 2013

Apik dalam berorganisasi


Setiap kita sadar atau tidak, sukarela atau terpaksa  bisa dipastikan terlibat dalam organisasi , baik itu formal maupun non formal, adapun organisasi yang terkecil  dan  terdekat dalam lingkup keluarga kita adalah rumah tangga, di mana ketuanya adalah ayahnya , bendahara dan sekretaris adalah ibu, anggota adalah seluruh keluarganya. Dalam hal ini nabi pernah bersabda

“ anak lelaki yang tertua adalah pengganti sang ayah (al- hadits)

Anda yang bekerja di sebuah  perusahaan , adalah bagian dari organisasi profit tersebut apapun jabatan dan kedudukan anda, dan anda bertanggung jawab terhadap semua  tindakan . itu pun nabi pernah sampaikan

“setiap kamu adalah pemimpin, dan setiap kamu akan bertanggung jawab terhadap kepemimpinanmu (al-hadits).

Karena itulah tujuan (visi & misi) mutlak  dalam sebuah organisasi agar posisi kita menjadi jelas , yakni sampai di mana kita berjalan, logistik macam apa yang perlu dipersiapkan, operasional seperti apa yang meski kita lakukan, agar tidak banyak dana & energi yang terbuang.

Teringat bait syair lagu Frangky & Jane “ tinggalkan semua beban bebaskan pundakmu, arahkan kakimu hanya padaku,

Karena terkadang beban itulah menggelayuti  dan membuat berat sebuah perjalanan , TAPI INGAT beban itu bukan bekal, bukan pula denah, dan bukan pula petunjuk teknis operasional . yang bila kita buang lambat laun kita menuju kehancuran.

Organisasi ialah ,  SEKUMPULAN ORANG YANG BERSEPAKAT UNTUK SATU TUJUAN DENGAN KODE ETIK YANG DI SEPAKATI. Karena itulah sayyidina Ali KW. Berpesan, agar menata organisasi secara apik agar tujuan dapat tercapai, terlebih lagi sebuah organisasi dengan azas dasar Islam, dengan format organisasi sosial, maka bukan hanya profesionalitas yang dikedepankan namun juga etika dan norma tidak boleh di abaikan.

Semoga riak-riak kecil yang terjadi bukan karena dangkalnya hati kita, tapi karena hembusan angin yang membuat gerak resonansi , yang akan hilang saat tiba di tepian .


Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

0 komentar:

Posting Komentar

:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t

Tinggalkan kesan anda di sini