Rabu, 09 Mei 2012

Dokumentasi


Dokumentasi  : dokumentasi adalah bagian penting yang tidak boleh diabaikan atau diremehkan fungsinya dalam sebuah organisasi , dokumentasi bisa berupa data bisa juga berupa audio visual baik bergerak (video) maupun diam (gambar).

Dokumentasi  merupakan bank data, yang merekam perjalanan sebuah organisasi, karena melalui dokumentasi sejarah organisasi tersebut dapat ketahui, baik karya maupun rotasi kepengurusan  oleh  penerusnya.

Dan saat organisasi sedang berjalan, dokumentasi  diperlukan untuk pengajuan berbagai macam proposal, laporan kegiatan baik yang bersifat internal maupun eksternal, sebagai wujud transparansi dan fakta adanya aktivitas yang dipercayakan.

Pengalaman : suatu ketika kami mengajukan proposal permohonan bantuan buku dan kitab ke kedutaan Saudi arabia dan LIPIA (Lembaga Ilmu pengetahuan Islam dan arab), sesuai prosedur proposal yang ke LIPIA harus berbahasa Arab, keduanya ditolak karena kurang lengkap yakni  tidak disertakan Photo kegiatan yayasan. Al hamdulillah setelah dipenuhi keduanya diterima, dan  tidak lama bantuan berupa kitab, al qur,an 30 juz, juz amma dan buku tentang sejarah timur tengah juga buku tulis kami terima.

Begitu pentingnya dokumentasi , dari dokumentasi sebuah organisasi dapat mengevaluasi kekurangannya, bahkan dapat meningkatkan kinerjanya , al-Qur,an mengajarkan kepada kita tentang merekam sejarah perjalanan kita untuk kita evaluasi atau muhasabah.

“Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam (QS 96;6)

Karena dengan kalam atau tulisan (penggambaran) sebuah kejadian dapat terekam , lalu ada evaluasi untuk dicari yang termudah sebagai solusinya.

Wallahu a’lam bissawab.




Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

1 komentar:

  1. bisa minta contoh proposalnya akh? via email, ariev0416@yahoo.com

    jazaakallah khoir

    arif, solo

    BalasHapus

Tinggalkan kesan anda di sini