Minggu, 20 Desember 2015

Kala krisis leadher

Memancing memori di krisis leadher.
Teringat memori 20 tahun yang lalu , saat pemilihan RT seorang ustad (guruku) beliau manajer di perusahaan percetakan logam , yakni “Budhi Dharma,terpilih, sebagai ketua RT,bukan mencalonkan diri , namun dipaksa dipilih,

saya bertanya “kok mau pak ?

beliau menjawab “ saya mau asalkan kalian mau diatur bukan hanya sebagai warga tapi juga sebagai jamaah,

saya jadi paham maksudnya , ketika mulai menjalankan tugasnya , beliau  

mempercayakan kegiatan remaja kepada saya yang selain aktif di remaja masjid juga karang taruna, mengaktifkan kegiatan ke agamawan bagi orang tua.

Selain kegiatan kerja Bhakti beliau mewajibkan setiap warga untuk menyisihkan beras 1 kotak korek api yang diambil remaja setiap Minggu lalu dikumpulkan dan di berikan kepada warga yang tidak mampu, setiap permintaan surat pengantar setiap warga yang memberi tips wajib menulis nominalnya dan memberi tanda tangan, semua dana yang masuk dimanfaatkan secara maksimal baik untuk kegiatan remaja, bahkan acara bakar ikan pun mendapat subsidi, intinya beliau berusaha mengkondisikan warga terbiasa dengan hal-hal positif.

Hingga di akhir masa jabatannya beliaulah satu-satunya RT yang melaporkan ada saldo jutaan rupiah, subhanallah  meskipun beliau berusaha untuk tidak mencalonkan lagi warga tetap memaksa sehingga 2 periode.

Beberapa tahun kemudian , saat mengikuti latihan leadhersif saya semakin paham ketika penatar menjelaskan tentang” apabila dalam organisasi terjadi krisis leadher atau ketua , tidak ada yang mau jadi kandidat . itu terjadi di organisasi sosial bukan komersial, karena tidak ada insentif, tidak ada gaji , yang ada hujan kritik dan tuntutan dari anggota. Saat itu akan, atau bisa diberlakukan seperti teori ekonomi pasar , yakni “bila permintaan meningkat stock barang menipis atau bahkan tidak ada, maka harga barang akan melonjak.
Artinya, ketika dalam sebuah organisasi  terjadi krisis kepemimpinan saat itulah terjadi nilai tawar yang sangat tinggi antara calon leadher atau kandidat dengan anggota, nilai jual atau tawar yang saya maksud, ialah ‘dapatnya seorang leadher menerapkan berbagai program di masa kepemimpinannya dengan aturan yang dapat dikondisikan sedemikian rupa, tentunya hal itu juga harus di mulai dengan Akad yang jelas , antara kandidat dan anggota.

Dalam status ini saya tidak mensupport seseorang untuk menjadi leadher dengan jurus aji mumpung, “mumpung tidak ada yang mau menjadi kandidat, bukan..!  karena ujung ujungnya adalah ke sewenang-wenangan , dan leadher akan merasa menjadi menguasa tunggal hingga akhirnya semakin tidak jelas batas-batas kewenangannya, karena dalam memilih leadher kita juga harus memperhatikan beberapa hal :

INTEGRITASNYA , yakni hubungannya dengan organisasi, apakah punya loyalitas dan militansi. 

AKUNTABILITASNYA , yakni tindakannya bisa dipertanggung jawabkan.

KAPABILITASNYA  , yakni punya kemampuan mengelola manajemen organisasi , dan mengolah manajemen konflik .

KREDIBILITAS, yakni punya etika atau akhlaq yang bagus dalam menghadapi berbagai macam persoalan organisasi, sehingga mampu bertindak sebagai penengah sekali gus kawan, sehingga bisa diterima semua kalangan.

Boleh jadi ke empatnya kita mengatakan “HANYA NABI YANG BISA !.. manusiawi , namun ingat organisasi sebagaimana definisinya , “SEKUMPULAN 2 ORANG ATAU LEBIH YANG MEMPUNYAI TUJUAN YANG SAMA DAN BEKERJA SAMA DENGAN KODE ETIK YANG JUGA BERSAMA SAMA DISEPAKATI.

Saya bicara diorganisasi besar yang ideal, namun bukan berarti mengecilkan Ikrisma, Ikrisma adalah organisasi yang dibangun dengan konsep kekeluargaan , karena memang satu dengan lainnya mayoritas punya kedekatan kekerabatan , setidaknya sama sama warga Giligenting.

Sekarang , mendset atau cara pandang kita terhadap organisasi harus di rubah , organisasi bukan sesuatu yang rumit , karena organisasi dibentuk sesuai kebutuhan bahkan sampai ke masalah pengurusnya pun formaturnya sesuai kebutuhan,
karena itulah  di butuhkan, adanya saling pengertian, saling memahami dan  saling melengkapi

mudah-mudahan status panjang ini bisa bermanfaat.


Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

0 komentar:

Posting Komentar

:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t

Tinggalkan kesan anda di sini