Kamis, 21 Januari 2016

Migrasi Ikrisma dari perkumpulan menjadi yayasan

Romantika atau suka duka,  jatuh bangun dalam kehidupan adalah hal  biasa untuk mendewasakan seseorang , karena dengan itu orang yang cerdas dapat memetik hikmah dan pengajaran yang dia dapat dari pengalaman yang dijalaninya.

Begitu pula dalam sebuah organisasi ada saja perbedaan pendapat sebagi tanda mulai tumbuhnya kesadaran berorganisasi, dan mulai pahamnya system organisasi meski masih prematur

Berawal dari di upgradenya atau migrasinya Ikrisma dari perkumpulan menjadi yayasan dan tentu saja diperkuat dengan akte sebagai tanda adanya payung hukum yaitu pada akhir tahun 2015, sementara pada  januari 2014 IKrisma baru saja mengadakan pemilihan ketua umum tentunya dengan format perkumpulan , sehingga terjadilah dua lisme kepemimpinan yaitu

Pemimpin perkumpulan pada satu pihak dengan ketua umum yang dipilih secara demokratis yaitu Sdr. Zainal Arifin, dan H. Zainal Abidin pada pihak lain sebagai pemimpin tertinggi dalam yayasan yakni ketua dewan pendiri.

Puncaknya dualisme kepemimpinan dalam satu organisasi ini memunculkan friksi ‘karena satu dan lain hal.. sehingga menjadikan organisasi menjadi berjalan tidak sebagaimana mestinya.

Hal inilah yang mendasari kesadaran pada kedua pihak , yayasan & perkumpulan untuk mencari jalan solusi , apakah Ikrisma sebagai  perkumpulan , atau yayasan  , dan tentunya apapun pilihan itu tentu harus mengorbankan salah satu pihak.

Dan pada akhirnya , ketua perkumpulan mengundurkan diri , meski ada suara menolak, namun demi kebaikan bersama sebagian besar anggota mengarahkan kepada Ikrisma sebagai yayasan.

Akhirnya pada tanggal 20 Desember 2015 bertempat di Masjid al fudolah, di mana di masjid itu pula beliau terpilih, secara resmi mengundurkan diri.


Semoga ikrisma kedepannya lebih dewasa, menghadapi tantangan berupa perbedaan yang pasti selalu terjadi  di tiap tiap organisasi, justeru dengan perbedaan-perbedaan itu akan menjadi khazanah organisasi.
Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

0 komentar:

Posting Komentar

:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t

Tinggalkan kesan anda di sini