Senin, 02 Februari 2015

TAMTSIL SEBUAH ORGANISASI

Organisasi ibarat sebuah pohon.
Ada akar , untuk menopang batang dan menyerap sari pati tanah demi kelangsungan hidup pohon itu, siapa dia ?

dia adalah sumber daya manusia yang bisa menopang kelangsungan organisasi baik dengan tenaga, dana, waktu, pikiran maupun materil.
Ada batang untuk bertumpu cabang, ranting , daun dan buah, siapa dia ?

Dia adalah pokok atau tubuh organisasi , yang memayungi  semua kegiatan dalam sebuah organisasi.

Ada cabang , selain kelapa pohon mempunyai cabang dan ranting semakin banyak cabang dan ranting semakin banyak buah yang di hasilkan, siapa itu ?

Dia adalah bidang kegiatan dalam sebuah organisasi, karena ungkapan mengatakan “ di mana ada organisasi di situ ada kegiatan.

Ada ranting, yakni cabang dari cabang sama dengan cabang dengan batang untuk memperbanyak daun dan buah. Siapa itu ?

Dia boleh jadi kepanitiaan, atau tim kerja sementara untuk sebuah program jangka pendek.

Ada daun dengan , banyak fungsinya . menyerap sinar matahari, pernafasan dan penguapan itulah humas, biasanya pohon dikenal dengan daunnya, dan aksi organisasi dikenal berkat publikasi dari humas. 

Ada buah, itulah hasil dan maksud sebuah pohon di tanam , ada juga pohon yang dibutuhkan batang atau cabangnya untuk material bangunan, ada juga yang dibutuhkan daunnya untuk lalap maupun apotek hidup, ada juga yang dibutuhkan akarnya seperti ubi, singkong , wortel dll, namun intinya sebuah pohon ditanam tentulah punya tujuan tersendiri, setidaknya untuk penghias taman.

Itulah karya organisasi , yang secara kasap mata dapat terwujud dan dirasakan oleh masyarakat, namun tak lupa juga kesejahteraan anggota (bila organisasi) telah kokoh Karena dengan anggota yang sejahtera, maka perhatian kepada organisasi bisa lebih fokus daun tajam hingga endingnya nanti dapat dirasakan masyarakat dalam berbagi bentuk karya sosial.

Tapi ingat !..  ada benalu , benalu bukan bukan bagian dari pohon hanya warnanya yang sama , namun tidak ada manfaat atau kontribusi untuk pohon yang ada, pohon akan mati berlahan-lahan karena diserap sari patinya.

Selain itu ada juga semak belukar  yang mengambil manfaat dari pohon tersebut, tidak ada kontribusinya , sama seperti benalu bila keduanya (benalu & semak) dipangkas atau ditebang maka pohon akan sehat.


Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

0 komentar:

Posting Komentar

:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t

Tinggalkan kesan anda di sini