Jumat, 22 Oktober 2010

Pasta pada cip prossor

Suatu ketika tiba tiba kompi kita mati,. (bukan restar) mungkin sbagian kita mengangap ini adalah ulah virus, malwar spam dan sejenisnya,. Padahal penyakit kompi tersebut sebagian besar slain mencuri dan merusak fail adalah merusak system , bukan mematikan system kompi kita..skarang bagaimana kalau kita mngalami hal tersebut ?,. kemungkinan penyakit ada pada peredam panas yg ada antara cip prosesor dan bantalan fan prosesor., walau tidak bisa dipungkiri kompi mati mendadak karena sebab lain, sperti rusaknya komponen penghantam listrik smacam power suplay.. yg akan saya bahas bagaimana kalau yg terjadi pada tingginya suhu kompi karena geseskan cip prosesor dan bantalah kipas,. Atau bahkan sang kipas itu mati,. Dan pasta peredam panas sudah tua atau kering karena mutunya yg buruk !..


Sekarang bila yg terjadi hal tersebut caranya..

1. Matikan kompi, cabut semua yg terhubung ke listrik

2. Siapkan salep atau pasta yg baik mutunya

3. Angkat dengan hati hati kipas prosesor, dgn melepas penjepinya (bila berupa pin yg masuk ke matherboat harus hati hati,. Karena katanya bila patah harus beli satu perangkat)

4. Ingat ingat posisi kabel kipas yg kita cabut (bila pelupa beri tanda he he he)

5. Bila perlu cabut juga cip prosesor untuk membrsihkan debu, tapi ingat jangan terbalik masangnya,. Jangankan terbalik geser sedikit saja kompi akan blank.

6. Laplah sisa pasta dengan tisu , baik yg di kipas maupun di atas cip prosesor sampai bersih.. lalu proses penggantian kita mulai,. Ingat !.. jangan terlalu banyak,. Sebab bila meluber sampai ke sisi cip, maka kompi malah tidak akan hidup.

7. Pasang kembali dengan hati hati, jangan lupa pasang kabel kipas.. hidupkan kompi seperti biasa.. bila memang penyakitnya itu, pasti kompi akan hidup,. Bila tidak pasti ada sebab lain.
Silahkan baca artikel lainnya yang terkait dengan pos di atas

0 komentar:

Posting Komentar

:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t

Tinggalkan kesan anda di sini